"The Past is the prologue" This quote has given me a lot to think, a lot to do, and a lot to give to this life. I believe that history is not equal to the future, but it could be, if we don’t change, if we don’t move from our comfort zones and start contributing goodness and perfections in our lives

Wednesday, June 15, 2011

8 Karakter Para Pengusaha Sukses

Berikut 8 karakter yang menjadi Ciri khas para pengusaha sukses dan mesti kita miliki.



Quote:

1. Fokus

Fokus adalah kunci sukses. Fokus pada apa yang kita kerjakan. Kita harus tahu betul apa yang membuat usaha kita berbeda dari para pesaing. Kembangkan sebuah visi dan laksanakan, jangan beralih dari satu ide ke ide yang lain. Banyak pengusaha gagal karena mereka merasa bahwa ide baru yang mereka temukan lebih menarik daripada yang mereka jalankan sekarang sehingga membuatnya tidak fokus dan tidak percaya pada produk yang sedang mereka jalankan

Quote:

2. Impian yang realistis.

Jika kita melakukan diet dan berharap bisa menurunkan berat badan lima kilo pe rminggu, kita pasti akan kecewa dan menyerah. Jika tujuan kita lebih realistis, kemungkinan besar kita akan tetap berpegang padanya dan berhasil. Sangat jarang ada orang yang “kaya mendadak”. Perlu usaha.

Quote:


3. Kemampuan untuk membuat rencana.

Para pengusaha paling sukses adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan rencana yang jelas untuk meraihnya. Mereka mempelajari pasar, persaingan, dan mekanismenya, serta bersedia mempelajari sungguh-sungguh semua kendala yang mungkin akan dihadapi.

Quote:


4. Fleksibilitas dan adaptabilitas.

Selain membutuhkan rencana dan fokus yang jelas, kita juga perlu memiliki fleksibilitas dalam menanggapi perubahan situasi. Dalam bisnis, dan juga hidup, segalanya berubah, dan masalah pasti ada tinggal bagaimana kita menyikapinya.

Quote:

5. Kemampuan untuk mengatasi kekhawatiran karena harus menjual.

Dalam artian tertentu, semua pengusaha adalah penjual. Kita tidak boleh takut berhadapan dengan konsumen, memotivasi pegawai, dan menjalin hubungan baik dengan pemasok. Kita tidak harus punya keahlian tersebut saat memulai usaha, tetapi kita harus mempelajarinya agar usaha kita tetap berjalan.

Quote:


6. Bersedia bekerja keras.

Dalam dunia usaha tidak ada jalan pintas. Menjalankan usaha berarti bekerja keras sepanjang waktu. Tak kenal lelah apalagi menyerah.

Quote:


7. Tujuan yang jelas.

Kita semua punya keinginan yang berbeda-beda. Kita ingin punya banyak uang dan sekaligus sudah berada di rumah saat anak-anak pulang sekolah. Kita ingin mengontrol semua kegiatan tetapi produk dan jasa yang kita hasilkan sangat beragam. Tujuan-tujuan tersebut jelas saling bertentangan satu sama lain. Untuk mencapai keberhasilan, kita harus fokus pada apa yang benar-benar penting bagi kita dan apa yang dapat kita capai.

Quote:


8. Pengalaman.

Kita tidak perlu berpengalaman sebagai manajer sebuah perusahaan mobil untuk memulai bisnis mobil bekas, tetapi kita harus punya pengalaman dalam bidang terkait atau pengalaman dalam menerapkan kemampuan yang kita miliki sebagai manajer, sebelum mengawali suatu usaha.
Demikian delapan karakter yang harus dimiliki oleh para pengusaha yang ingin sukses. Yang ingin menajadi pengusaha yang tak kenal lelah, pantang menyerah. Pribadi yang mampu meraih impianya secara gemilang. Semoga kita termasuk di dalamnya. To be an success entrepreneur.

Salam sukses!

No comments:

Post a Comment